Tentang Penulis

S. Dhanisworo (Dhanis); Author of this “blog Dhanis”)

Menulislah dengan pintu tertutup, lalu menulis ulanglah dengan pintu terbuka. Hasil karyamu mulanya memang hanya untukmu. Tapi kemudian keluar menjadi milik siapa saja yang ingin membaca atau mengkritiknya. Yang terpenting, sadarilah bahwa pasti akan ada orang yang mengatakan apa yang kau lakukan sia-sia. Tiap penulis mengalaminya.

— Stephen king —

Seseorang biasa yang sehari-hari bekerja sebagai staff di salah satu perusahaan swasta milik Taiwan yang bergerak di bidang export-import selama lebih dari tujuh tahun, dan belum pernah sekali pun terlintas ingin mencari pekerjaan yang lebih baik. Namun, semuanya membuat saya tetap bahagia dan tersenyum. Meski terkadang menjadi seorang pengusaha jauh lebih baik ketimbang menjadi karyawan, tapi aku tetap menikmatinya diiringi dengan rasa syukur yang tak pernah putus.

Aku lahir di Kota Pahlawan—9 Juni 1984. Memiliki cita-cita menjadi dokter (awalnya) ketika masih usia sekitar empat tahunan, yang kemudian memutuskan untuk ingin menjadi seorang penulis saja ketika beranjak remaja hingga sekarang.

Beberapa karyaku mungkin sudah bisa dinikmati oleh pembaca dan pecinta novel di salah satu kumpulan cerpen sekitar tahun 2011-an. Aku sendiri pun lupa kapan aku mengikuti kompetisi menulis tersebut, karena secara tiba-tiba saja aku di call oleh si penerbit buku bahwa karyaku masuk di salah satu yang terbaik dan berhasil di buku-kan. Juga, mereka menginformasikan bahwa jika ingin membagikan link buku tersebut bisa diakses di website mereka di halaman sekian. Sayangnya, aku lupa website mana yang dimaksud :(. Itu sudah lama sekali.

Tapi, ya sudahlah tidak apa-apa. Aku sendiri menyesal—dan menyesal pun tiada guna. Aku hanya berkeyakinan bahwa next time dan di lain kesempatan aku akan bisa membuat karya serupa dan mungkin akan lebih baik dari sebelumnya.

Satu hal yang ada di pikiranku sekarang saat ini adalah bagaimana caranya membuat sebuah karya tulis yang sekiranya bisa diterima di masyarakat tanpa harus menjadi plagiarisme yang sungguh sangat kubenci. Karena, aku sendiri saat mengetahui ada salah satu karyaku (apapun itu—entah tulisan, gambar, logo, dll) yang dicatut tanpa izin, aku sungguh-sungguh marah. Jika diizinkan, maka aku bisa saja menuntut mereka ke jalur hukum.

Bicara seputar plagiarisme yang sungguh sangat tidak aku sukai, bisa dilihat di blog ini pun saya tidak mengizinkan untuk di klik kanan atau yang semacamnya (hehe). Bukan saya pelit ilmu, tapi mencegah sebuah plagiarisme sekaligus memberikan pelajaran bagi semua orang agar berusaha menciptakan sendiri karya ciptanya tanpa harus mencuri dari orang lain. Dengan demikian, maka sumber daya manusia akan tercipta dengan sendirinya.

Sekiranya, mungkin sekian dulu catatan dariku. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, bisa kontak aku dengan mengirim email atau mengklik salah satu media sosial milikku di bagian panel blog.

Oh ya, sekalian bisa check juga untuk Official Line Store aku yaa. Udah aku sediakan panel friend disana. Juga untuk website store aku, bisa dong buat diintip sedikit, hehe.

Keep on Blogging yaaa!! 🙂

Salam Hangat Penulis,

—S. DHANISWORO

error: Please, do not copy!!